Jumat, 22 November 2013

Logitech G710+, Keyboard Khusus Penggemar Game FPS

Logitech G710+, Keyboard Khusus Penggemar Game FPS - Bagi mereka yang hobi bermain game di PC, memiliki hardware komputer seperti prosesor mumpuni serta kartu grafis terbaik merupakan sebuah kebutuhan utama. Perangkat keras inti tersebut bekerja untuk menghasilkan tampilan grafis permainan yang mulus.

Selain dukungan hardware 'jeroan' PC tersebut, juga diperlukan perangkat keras pendukung lainnya seperti mouse, keyboard serta speaker. Khusus di lini aksesoris PC tersebut, Logitech rupanya paham kebutuhan yang diinginkan para penggemar game PC. Salah satunya, perusahaan menawarkan perangkat khusus di kategori gaming dengan produk Logitech Mechanical Gaming Keyboard G710+.

Dibandingkan keyboard normal pada umumnya, keyboard khusus ini memiliki beberapa tombol tambahan yang terletak di sisi kiri dan jejeran sisi atas. Selain itu, terdapat fungsi akses media instan, di mana pengguna bisa memutar atau scroll untuk membesarkan atau mengecilkan volume serta disediakan satu tombol instan untuk modus sunyi (mute) yang terletak di sebelah kanan atas keyboard.



Untuk menambah kesan elegan, disediakan dua tombol pengatur tingkat kecerahan lampu LED putih yang bisa diaktifkan untuk menerangi setiap tombol keyboard. Salah satu dari dua tombol pengatur tingkat kecerahan ini, dikhususkan untuk menerangi tombol WASD, yang biasanya digunakan dalam permainan gaya first person shooter (FPS).

Keyboard berwarna hitam ini juga memiliki satu port USB di bagian sisi samping belakang. Dengan port USB ini, cukup memudahkan pengguna untuk memasukkan flashdisk USB misalnya dan langsung terhubung ke PC. G710+ yang memiliki kabel (2 meter) dengan ujung colokan USB cabang (butuh dua port USB untuk dihubungkan ke PC) juga didukung software dari Logitech untuk memprogram enam tombol G1-G6.

Software tersebut bisa diperoleh dari website Logitech dan disediakan guna menyederhanakan tombol konfigurasi yang ada dalam permainan. Software ini mendukung sistem operasi minimal Windows Vista hingga Windows 8 serta Mac OS. Sayangnya, software ini tidak mendukung Windows XP serta hanya dapat diunduh melalui website resmi Logitech, bukan dari CD bawaan dalam kemasan G710+.


Logitech menawarkan keyboard dengan tombol mekanik berkecepatan tinggi. Ketika dijajal untuk mengetik cepat, tombol terasa empuk dan ringan ketika ditekan. Akan tetapi, G710+ khusus gaming ini memiliki tambahan kolom tombol di bagian kiri, di mana bagi pengguna awal, seringkali tidak terbiasa dengan desain keyboard ini. Sehingga, terkadang tombol yang hendak diketik menjadi miss dan penggunanya harus mencari-cari dengan melihat ke bagian tombol keyboard yang akan ditekan.

Sedikit pengujian dilakukan untuk mengetahui ketahanan dengan melakukan hantaman keras pada tombol keyboard G710+. Menggunakan kepalan tangan menghentak 2-3 kali ke bagian tombol keyboard, G710+ tetap berfungsi normal.

Logitech G710+ memiliki berat sekira 1,4 kilogram. Dengan bobot tersebut cukup repot agaknya apabila dibawa bepergian atau sekedar diangkat sebentar guna membersihkan bagian permukaan meja komputer. G710+ yang memiliki kaki penopang untuk stabilitas dan kenyamanan mengetik mempunyai ukuran dimensi panjang 508,2 mm, lebar 220 mm serta tinggi 38,4 mm.

Previous Post
Next Post

0 komentar: